INFORMASI :

"SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA GEBLUG" ::::::SUMBER INFORMASI DESA GEBLUG::::::::MENGAYOMI DAN MELAYANI SEPENUH HATI::::::

Selamatan Desa/ Merdi Desa

Selamatan Desa/ Merdi Desa

ACARA MERDI DESA "KUNTUNGAN"

Geblug, 28 Juli 2023 Warga Masyarakat Desa Geblug Kecamatan Buayan Kabupaten Kebumen Menyelenggaarakan acara Selamatan Desa atau masyarakat menyebutnya dengan istilah " Kuntungan". Acara ini dilakukan Oleh warga Desa Geblug pada saat Masyarakat Desa telah melaksanakan panen padi dimasa panen musim kemarau dengan mengadakan acara Upacara Adat dengan berbagai membuat bermacam- macam sesaji dan sebagai rasa syukur warga Desa kepada Tuhan YME Yang telah melimpahkan rizki dan karuniaNya.

Selain acara doa bersama dan kenduri kemudian disuguhkan hiburan berupa hiburan Calung yang konon cerita bahwa rombongan calung tersebut harus dari Kulon Kali Bodo sehingga sampai saat ini masih mempercayai sehingga selalu menggundang Calung dari kulon Kali Bodo dan acara calung tersebut bertempat di Kelurahan atau di Rumah Kepala Desa. Pagelaran Calung ini barlangsung sehari semalam suntuk yang sebelumnya digelar di sumber mata air "BEJI" yang bertujuan Untuk penghormatan kepada tokoh2 terdahulu yang konon ceritanya yang awal mula membabad Desa Geblug.

Adapun acara ini dilaksanakan secara swadaya dengan anggaran menarik dana dengan Kriteria Kemampuan warga berdasarkan : Kuli Gede, Kuli Cilik, Kuli Lindung dan Kuli manca.

Acara ini dihadiri dari berbagai elemen masyarakat, tidak lupa dihadiri dari FORKOMPINCAM Kecamatan Buayan dan juga tokoh- tokoh dari tetangga Desa. dalam acara ini ada yang lain tidak seperti biasanya, yaitu hadirnya kelompok KKN Mahasiswa dari UMP (Universitas Muhammadiyah Purwokerto) yang turut meramaikan acara tersebut.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter