INFORMASI :

"SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA GEBLUG" ::::::SUMBER INFORMASI DESA GEBLUG::::::::MENGAYOMI DAN MELAYANI SEPENUH HATI::::::

PERINGATAN 10 MUHARROM 1446 H

PERINGATAN 10 MUHARROM 1446 H

KEUTAMAAN BULAN MUHARROM

Bulan Muharram adalah satu di antara empat bulan mulia yakni Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab. Pada masa Rasulullah saw, peperangan pun harus dihentikan demi menghormati bulan-bulan itu, termasuk Muharram.   Barangsiapa yang melakukan kebaikan pada bulan-bulan tersebut, pahalanya akan dilipatgandakan oleh Allah subhanahu wata’ala, dan sebaliknya, perilaku maksiat pada bulan-bulan itu, siksanya juga dilipatgandakan.
Pada 10 Muharram, umat Islam dianjurkan untuk membaca doa Hari Asyura. Doa hari asyura dijelaskan oleh Alhafiz Kurniawan dalam tulisannya di NU Online berjudul Doa Hari Asyura 10 Muharram. Menurut Alhafiz, doa dikutip oleh ulama pada sejumlah syarah hadits dan kitab fiqih.

bahwa keutamaan bulan Muharram tidak perlu disangsikan. Namun, keutamaan itu harus diisi dengan berbagai amalan-amalan yang berbobot, sehingga momen tersebut benar-benar bernilai, baik secara individual maupun sosial.

Para ulama sudah mengklasifikasikan jenis amalan yang hendaknya diperbanyak selama bulan Muharram yaitu:

  1. Melakukan shalat
  2. Berpuasa
  3. Menyambung silaturahim
  4. Bersedekah
  5. Mandi
  6. Memakai celak mata
  7. Berziarah kepada ulama (baik yang hidup maupun yang meninggal)
  8. Menjenguk orang sakit
  9. Menambah nafkah keluarga
  10. Memotong kuku
  11. Mengusap kepala anak yatim
  12. Membaca Surat al-Ikhlas sebanyak 1000 kali


Sumber: https://www.nu.or.id/nasional/doa-dan-amalan-hari-asyura-10-muharram-2E4tl
 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter